Pengaruh Gaji, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kerja Dan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali

  • Gde Palguna Reganata Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali
  • Anak Ayu Sri Saraswati Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali

Abstract

Latar belakang: Perencanaan karir merupakan hal yang penting dalam mencapai kesuksesan dalam karir. Akan tetapi sebagian orang tidak dapat melakukan perencanaan karir karena dihinggapi kekhawatiran terhadap ketidakpastian di masa mendatang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji, lingkungan keluarga, lingkungan kerja, dan pekerjaan orang tua, terhadap pemilihan karir mahasiswa di Program Studi Administrasi Rumah Sakit IIK Bali. Metode: Penelitian ini dilakukan di Program Studi Administrasi Rumah Sakit IIK Bali. Teknik total sampling menghasilkan 30 responden. Variabel yang digunakan adalah gaji, lingkungan keluarga, lingkungan kerja, pekerjaan orang tua, dan pemilihan karir mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah multinomial logistic regression dengan α(5%). Hasil: Berdasarkan analisis multinomial logistic diketahui bahwa dari 28 mahasiswa yang memilih karir PNS, sebanyak 26 mahasiswa (92,9%) diklasifikasikan secara benar untuk memilih karir PNS. Selanjutnya, dari 8 mahasiswa yang memilih karir sebagai pegawai swasta, sebanyak 5 mahasiswa (62,5%) diklasifikasikan secara benar dan, dari 7 mahasiswa yang memilih karir sebagai wiraswasta, tidak ada mahasiswa (0,0%) diklasifikasikan secara benar. Simpulan: Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan karir mahasiswa adalah lingkungan keluarga. Mahasiswa cenderung untuk memilih karir sebagai swasta sebesar 0,102 kali dibandingkan memilih wiraswasta atau dengan kata lain mahasiswa berpeluang 10 kali memilih wiraswasta dibandingkan swasta jika mendapat dukungan orang tua yang tinggi. Pihak kampus agar memperhatikan arah pengembangan karir mahasiswa sehingga mampu menjembatani antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek yang terjadi di lapangan.

References

1. Baron, A. R. & Greenberg, J. Organizational Behaviour in Organization. Understanding and managing the human side of work. Canada: Prentice Hall. 2003.

2. Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT. Preenhalindo. 2010

3. Mullins, Walker, Jr., Boyd, Jr. Marketing Management. Mc Graw Hill. 2010.

4. Rahayu, Sri, dkk. Persepsi Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir, SNA VI, Halaman 821-837. 2003.

5. Setiyani, Rediana. 2005. Faktor-Faktor Yang Membedakan Mahasiswa Administrasi rumah sakit Dalam Memilih Profesi Sebagai Administrasi rumah sakit Publik Dan Non Administrasi rumah sakit Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Administrasi rumah sakitsi Perguruan Tinggi Negeri di Pulau Jawa). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

6. Kleinbaum, David G & Klein, Michael. Logistic Regression: A Self Learning Text. New York. Springer-Verlag. 2002.

7. Soemanto, Westy. Pendidikan Wirausaha. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2008

8. Purwanto, M Ngalim. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja
Published
2019-11-30
How to Cite
REGANATA, Gde Palguna; SARASWATI, Anak Ayu Sri. Pengaruh Gaji, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kerja Dan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali. Bali Health Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 62-69, nov. 2019. ISSN 2599-1280. Available at: <http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/BHJ/article/view/82>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.34063/bhj.v3i2.82.