PENYULUHAN GROOMING DALAM PELAYANAN PRIMA DI RSU DHARMA YADNYA DENPASAR

Authors

  • Dwi Sutrisnawati Ni Nyoman Hospital Administration Department, Universitas Bali Internasional
  • I Gede Suasnawa Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Ni Made Umi Kartika Dewi Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Putu Vierda Lya Suandari Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Zainal Firdaus Wardhana Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Anak Ayu Sri Saraswati Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • I Gusti Lanang Made Rudiartha Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Gde Palguna Reganata Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Made Koen Virawan Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Ketut Anom Ratmaya Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional

Keywords:

Grooming, Pelayanan Prima], Pengabdian Masyarakat, Rumah Sakit

Abstract

Tingginya tuntutan masyarakat terhadap kesehatan, menuntut rumah sakit untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien. Grooming merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan oleh karyawan rumah sakit dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien. RSU Dharma Yadnya sebagai salah satu RS Swasta yang senantiasa berproses meningkatkan mutu pelayanan.  Pengabdian Masyarakat oleh Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Bali Internasional, bertujuan memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan dari karyawan di RSU Dharma Yadnya terkait grooming dan sikap dalam memberikan pelayanan kepada pasien.  Metode Pemberian informasi dilakukan dengan ceramah, tanya jawab dan simulasi. Dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pemberian informasi. Peserta penyuluhan berjumlah 25 orang dari unit pelayanan medis maupun unit administratif. Rata-rata nilai pretest yaitu 57.2 dari total nilai 100 poin, dan 84% responden memiliki nilai pretest dibawah nilai 70. Setelah pemberian materi, Rata-rata nilai posttest yaitu sebesar 74.8 poin. Sebanyak 20 responden (80%) mendapatkan nilai 70 keatas. Kegiatan penyuluhan berjalan lancar didukung dengan atensi yang baik dari karyawan Rumah Sakit. Terjadi peningkatan pengetahuan karyawan mengenai Grooming dengan selisih rata-rata pretest dan posttest sebesar 17.6 poin. Evaluasi serta penyegaran materi secara berkala perlu dilaksanakan oleh Rumah Sakit, serta dapat mengintensifkan kerjasama dengan institusi pendidikan.

Downloads

Published

2020-12-05

Most read articles by the same author(s)