Maintenance Peralatan Kesehatan Di Rumah Sakit Pratama Kubu Karangasem

Authors

  • Agus Mahardiananta Universitas Bali Internasional
  • Suhartono Program Studi Teknik Elektromedik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional

Keywords:

alat kesehatan, maintenance, pelayanan kesehatan

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas harus selalu ditingkatkan sebagai salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh setiap pihak-pihak yang berwenang. Salah satu dimensi yang perlu diperhatikan dalam mendukung upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah yang berkaitan dengan penyediaan sarana berupa alat kesehatan yang berkualitas. Rumah Sakit Pratama Kubu merupakan rumah sakit yang terletak di desa kubu karangasem. Rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan untuk wilayah Kubu dan sekitarnya, mengingat jarak Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem yang jaraknya cukup jauh dari daerah Kubu. . Bersadarkan hasil kunjungan ke Rumah Sakit Pratama Kubu Karangsem pada tanggal 18 juli 2018 didapatkan banyaknya alat kesehatan yang belum terpasang, terinventaris dan tidak diketahui fungsi serta cara kerjanya. Program Studi Teknik Elektromedik melakukan penyuluhan tentang maintenance peralatan kesehatan dengan cara memberikan penjelasan secara verbal dan non-verbal tentang cara memperbaiki peralatan kesehatan yang ada dirumah sakit, prosedur inventarisasi dan pelabelan alat serta cara kalibrasi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan hasil beberapa permasalahan tentang perbaikan alat dan uji fungsi alat dapat diatasi, namun ada beberapa alat yang tidak dpat diperbaiki. Kegiatan ini secara tidak langsung memberikan ilmu dan pelajaran berupa pengalaman. Serta menambah wawasan tentang operasional alat medis.

References

Imam AT, Lena D. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2017.

Sabarguna BS. Rekam Medis Terkomputerisasi. Jakarta: UI Press; 2008

Ferayanti, Nasaruddin H. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Ad’ministrare. 2014; 1(1): 28-38

Ristiani IY. Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Coopetition. 2017; 8(2): 155-166.

Siregar MT, Wulan WS, Setiawan D, Nuryati A. Kendali Mutu. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Veni M, Sarbaguna BS, Wahyudi A. Analisis Manajemen Pemeliharaan Alat Kesehatan di Rumah Sakit X. Jurnal Kesehatan Komunitas. 2020; 6(2): 230-236.

Handayani IS, Susana E, Suharyati, Kristianti W, Komarudin A. Pelatihan Pemeliharaan Preventif Alat Elektromedik di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama.International Journal of Community Service Learning. 2020; 4(1): 83-89.

Roza SH. Analisis Penyelenggaraan Sistem Pemeliharaan Peralatan Radiologi di RSUP Dr. M. Djamil. Jurnal Medika Saintika. 2016; 7(2): 85-94

Sarbaguna BS. Sistem Informasi Peralatan Medis. Jakarta: CV. Sagung Seto; 2007.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Operasional dan Pemeliharaan Peralatan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2018.

Afriza, Neri R, Lestari Y, Yetti H. Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Analas. 2018; 7(4): 48-55.

Hani, Juniarti N, Mudayana AA. Penerapan Standar Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate. 2018; 11(2): 93-108.

Downloads

Published

2023-01-19