Penyuluhan Tentang Hand Hygiene dan Safety Playground Di Tempat Penitipan Anak (TPA) Werdhi Kumara I & II Denpasar

Authors

  • Agnes Ayu Biomi Universitas Bali Internasional
  • Maytadewi Negara Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Angga Prihastini Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Haryawan Agung Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Dharmayanti Cokorda Istri Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional

Keywords:

Keamanan, Kebersihan, Tangan

Abstract

Kebersihan tangan merupakan hal yang sangat penting namun kadang dilupakan terlebih anak  - anak yang rentan dengan kuman karena sering bermain dengan bahan – bahan dan lingkungan yang belum tentu aman dan bersih. Kebersihan tangan anak – anak juga kurang diperhatikan dan masih dianggap sepele. Mengingat anak – anak yang aktif bermain sangat kurang efektif apabila sering mencuci tangan karena setelah dicuci, mereka terkadang bermain lagi dan tangannya kembali kotor. Hal tersebut membuat para orang tua malas mengingatkan untuk anak – anaknya mencuci tangan sampai betul – betul mereka selesai bermain. Ketika anak sudah selesai bermain dan merasa kelelahan, akhirnya yang ada anak – anak malas mencuci tangan. Program studi Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) berinisiatif membuat pengabdian masyarakat melalui penyuluhan hand hygiene dan safety playground sebagai bentuk kepedulian dan turut serta mengingatkan tak hanya pada anak – anak namun juga kepada orang tua dan masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara benar dan bersih. Mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting dan perlu diingatkan secara terus menerus. Begitu juga keselamatan dan keamanan bermain, karena anak – anak rentan juga terhadap kecelakaan saat bermain mengingat beberapa alat permainan tidak sesuai dengan kaidah keselamatan anak. Oleh karena itu pentingnya K3 memberikan penyuluhan tentang  keamanan bermain di arena permainan anak di luar ruangan.

References

Groos, Karl. Practice for Adulthood. 2 nd ed. Canada:The Mead Project;.2003.

Wijana, W.D. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka; 2014.

Atli B, Eren SH, Coskun A, Korkmaz I, Eren M. Evaluation of Pre-School (0-6) Age Group Trauma Patients Etiology. J Acad Emerg Med. 2014;152:3:37029.

Arezes P, Baptista JS, Barroso MP, Carneiro P, Costa N, et al. Occupational Safety and Hygiene. 1st ed. Arezes, Pedro M. (University

of Minho, Guimares P,editor. London: Tayor & Francis;2013.

Bulunuz M. Teaching Science Through Play in Kindergarten: does integrated play and science instruction build understanding? Eur Early Child Educ Res J. 2013;21 (2):226 – 49.

Peden M,Oyegbite K.World report on child prevention World report child injury prevention. WHO.2008.

Downloads

Published

2023-01-19