Seminar Merancang Masa Depan Siswa SMA

Authors

  • Luh Putu Ratih Andhini Universitas Bali Internasional
  • Nyoman Trisna Aryanata Universitas Bali Internasional
  • Aritya Widianti Universitas Bali Internasional
  • Ni Made Irene Novianti Astaningtias Universitas Bali Internasional
  • Ni Made Sintya Noviana Utami Universitas Bali Internasional

Keywords:

analis SWOT, Kolektivis, Media sosial, Siswa SMA

Abstract

Siswa SMA merupakan individu dalam tahap perkembangan remaja akhir dimana mereka bertugas memilih dan mempersiapkan karirnya. Zaman globalisasi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat mereka harus lebih kompetitif dalam mempersiapkan karir. Siswa SMA yang merancang masa depannya seringkali mengalami kebingungan dalam memilih jurusan kuliah, hal ini dipengaruhi dari teman dan orang tua, sehingga Prodi Psikologi UNBI melakukan seminar merancang masa depan siswa SMA dengan tujuan mengarahkan siswa untuk mengenali dirinya sendiri dan dapat memanfaatkan teknologi infomasi yang memberikan nilai lebih dalam melakukan pengembangan diri. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendidikan masyarakat dengan dua dosen sebagai pembicara. Panitia adalah dosen dan mahasiswa Prodi Psikologi UNBI. Peserta berjumlah 87 siswa SMA N 8 Denpasar. Hasil yang didapatkan, peserta mengikuti sesi pengembangan diri dengan materi WHO AM I? Peserta diajak melakukan analisis SWOT dalam merencanakan karirnya setelah lulus. Setelah selesai melakukan analisis SWOT, peserta diajak melakukan ice breaking dengan mengikuti gerakan dance dalam video. Sesi ketiga yaitu pemanfaatan media sosial, peserta diajak untuk menjaga privasi dengan melakukan setting pada media masing-masing dan diajak mengenali budaya kolektivis di Indonesia. Terakhir, panitia melakukan evaluasi kegiatan seminar. Simpulan yang dapat ditarik adalah siswa mampu melakukan analisis SWOT dalam merancang karir dan mampu mengatur akunnya.

References

Hidayati KB, Farid M. Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Pers Psikol Indones. 2016;5(02):137–44.

Wijayanti EN, Hanim W, Setiawaty D. Gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SMK Insan Global Jakarta. INSIGHT J Bimbing Konseling. 2013;2(2):36–46.

Herlina. PERKEMBANGAN MASA REMAJA (Usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masal Anak Dan Remaja. 2013;1–5.

Wardoyo P. Enam Alat Analisis Manajemen. Pertama. Semarang University Press; 2011.

Susanah R, Alarifin DH. Penerapan Permainan Penyegar (Ice Breaking) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. J Pendidik Fis. 2014;2(1):42–50.

Nurfitri AD. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 2017;25(1):36–44.

Jameson J. Online Communities and Social Computing. Online Communities Soc Comput [Internet]. 2009;5621(July 2009):226–35. Available from: http://www.springerlink.com/content/r4g943v7j6l2t224

Aiyuda N, Syakarofath NA. Presentasi diri di sosial media (Instagram dan Facebook) Sebuah literature review. Psychopolytan (Jurnal Psikologi). 2019;2(2):124–30.

Islamy IT, Agatha ST, Ameron R, Humaidi B, Rakhmawati NA, Evan, et al. PENTINGNYA MEMAHAMI PENERAPAN PRIVASI DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. J Teknol Inf dan Pendidik. 2018;11(2).

Putri YA. Pengaruh Construal Of Self terhadap Perilaku Etis Akuntan Di Minangkabau (Studi Eksperimentasi Semu pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Padang). J Akunt. 2018;6(1):1–28.

Hofstede G. Dimensionalizing Cultures: The Hofstede Model in Context. Online Readings Psychol Cult. 2011;2(1):1–26.

Kirkpatrick DL, Kirkpatrick JD. Evaluating Training Programs The Four Levels. Third Edit. 2008.

Downloads

Published

2021-01-29

Most read articles by the same author(s)