Kajian Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Bagi Pekerja Pada Gedung Bertingkat Di Denpasar

  • I Gusti Agung Haryawan Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali
  • Ni Luh Gede Aris Maytadewi Negara Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali
  • Ni Ketut Puteri Purnama Dewi Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali

Abstract

Keadaan alam Indonesia sangat lah unik dan menarik, mulai dari hutan, pantai, dan pegunungan. Keberadaan alam ini seharusnya dijaga dengan baik sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia di bumi ini. Alam juga dapat memberikan kemudahan bagi kelangsungan hidup manusia dan dapat pula menjadi bencana yang dapat menghancurkan kehidupan di bumi. Bencana alam yang sering terjadi dan berhubungan langsung dengan alam meliputi banjir akibat penggundulan hutan, tsunami yang berhubungan dengan laut, dan gempa yang berhubungan dengan pegunungan/tektonik. Gempa bumi merupakan bencana yang sering terjadi dan menyebabkan kepanikan bagi manusia, terlebih lagi saat melakukan aktivitas di dalam ruangan. Pekerja yang melakukan aktivitas di gedung bertingkat seharusnya memahami penanggulangan dari gempa tersebut. Upaya perlindungan pekerja saat melakukan aktivitas dilakukan agar pekerja selalu dalam keadaan sehat, aman, selamat, dan sejahtera, sehingga dapat mencapai tingkat produktivitas yang tinggi. Salah satunya ialah melalui upaya kesehatan dan keselamatan kerja. Dalam penelitian ini, diperoleh data kesiapsiagaan penanggulangan gempa bumi pada pekerja di gedung bertingkat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling sejumlah 80 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan data naratif tabel. Pemahaman dan penyuluhan atau simulasi tentang penanggulangan bencana gempa bumi sangat penting guna menghindari korban dan kerugian, serta agar para pekerja merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas.

References

Irzal. (2016). Dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Kencana Prenada.

Manuaba, A. (1998). Dengan desain yang aman mencegah kecelakaan dan cedera. Bunga Rampai Ergonomi, Volume I. Denpasar: Program Pascasarjana Ergonomi Fisiologi Kerja, Universitas Udayana.

Nala. (1992). Penerapan teknologi tepat guna di pedesaan, MPH, Pusat Pengabdian pada Masyarakat Universitas Udayana, Denpasar.

Ridley, J. (2008). Kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Erlangga.

Supartika, P. (2018). Diambil pada 21 April 2018 dari https://bali.tribunnews.com.
Published
2018-08-09
How to Cite
HARYAWAN, I Gusti Agung; NEGARA, Ni Luh Gede Aris Maytadewi; DEWI, Ni Ketut Puteri Purnama. Kajian Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Bagi Pekerja Pada Gedung Bertingkat Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Peranan Psikologi Bencana Dalam Mengurangi Risiko Bencana, [S.l.], p. 140-143, aug. 2018. Available at: <http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/semnaspsikologibencana/article/view/72>. Date accessed: 08 apr. 2020.