Hubungan Strategi Coping Orang Tua Terhadap Keberfungsian Keluarga

  • Evi Syafrida Nasution Fakultas Psikologi Universitas Borobudur
  • Ika Wahyu Pratiwi Fakultas Psikologi Universitas Borobudur

Abstract

Keberfungsian keluarga adalah berfungsinya keluarga sebagai wahana untuk mendidik, mengasuh, memberikan sosialisasi, dan mengembangkan kemampuan seluruh anggotanya agar dapat menjalankan perannya dalam keluarga serta memberikan kepuasan dan lingkungan sosial yang sehat guna tercapainya keluarga sejahtera. Namun, setiap keluarga tidak terlepas dari suatu masalah (vertical stressor dan horizontal stressor) sehingga diharapkan para orang tua dapat mengambil coping yang tepat dalam menghadapi masalahnya, dalam hal ini menghadapi banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara strategi coping orang tua  terhadap keberfungsian keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah warga (orang tua) yang bertempat tinggal di Kelurahan Cipinang Melayu yang terkena dampak banjir (RT 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 10, 11, 12, 13, 14). Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah skala coping stress dan keberfungsian keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi Pearson antara variabel strategi coping dengan keberfungsian keluarga sebesar 0,072. Nilai korelasi positif artinya ada hubungan positif, yaitu jika strategi coping stress orang tua meningkat,  maka keberfungsian keluarga akan meningkat, sedangkan keeratan hubungannya rendah.

References

Afiatin, T. (2018). Psikologi perkawinan dan keluarga. Yogyakarta: PT. Kanisius. Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herawaty, dkk. (2013). Hubungan antara keberfungsian keluarga dan daya juang dengan belajar berdasar regulasi diri pada remaja. Jurnal Psikologi, 9(2). Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/176.

Fahrudin, A. (2012). Keberfungsian keluarga: Konsep dan indikator pengukuran dalam penelitian. Sosio Informa, 17(2). Diambil dari http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/view/94.

Fatoni, Z. (2015). Dampak bencana terhadap kesehatan masyarakat. Pusat Penelitian Kependudukan LIPI. http://kependudukan.lipi.go.id/id/kajian-kependudukan/ kesehatan-masyarakat/222-dampak-bencana-terhadap-kesehatan-masyarakat.

Hilmi, E., Hendarto, E., Riyanti, & Sahri, A. (2012). Analisis potensi bencana abrasi dan tsunami di pesisir Cilacap. Jurnal Penanggulangan Bencana, 3(1). Jakarta: Pusat Data Informasi dan Human BNPB.

Juliyanti, dkk. (2014). Hubungan antara keberfungsian keluarga dengan pengungkapan diri remaja terhadap orang tua pada siswa SMA Krista Mitra Semarang. Empati, 3(4). Diambil dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati/ article/view/7604.

Lestari, S. (2016). Psikologi keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Panggabean, R. (2017). Banjir Cipinang Melayu disebut terparah dalam 15 tahun terakhir. Metro TV News, diambil dari http://www.google.co.id/amp/www.metrotvnews.com /amp/nbwex9EK.

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwadi. (2007). Kecenderungan pemecahan masalah pada remaja. Dalam Proceeding Temu Ilmiah Nasional “Optimalisasi Perkembangan Potensi Bangsa”. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Puspitacandri, A. (2014). Strategi coping dalam mengatasi stres – studi pada ibu bekerja dan tidak bekerja. Proceeding: Ketahanan Keluarga Sebagai Aset Bangsa – Family, Marriage, and Parenting. Fak. Psikologi Univ. Merdeka Malang. Malang: Unmer Press.

Rahman, A. A. (2016). Metode penelitian psikologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhany, dkk. (2016). Hubungan antara persepsi remaja terhadap keberfungsian keluarga dengan kematangan emosi pada remaja akhir. Jurnal Psikologi Perseptual 1(1). Diambil dari http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual/article/view/1076.
Published
2019-08-08
How to Cite
NASUTION, Evi Syafrida; PRATIWI, Ika Wahyu. Hubungan Strategi Coping Orang Tua Terhadap Keberfungsian Keluarga. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Peranan Psikologi Bencana Dalam Mengurangi Risiko Bencana, [S.l.], p. 168-176, aug. 2019. Available at: <http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/semnaspsikologibencana/article/view/75>. Date accessed: 30 mar. 2020.