Resiliensi Pada Korban Longsor Di Rahtawu Kabupaten Kudus

  • Yudi Kurniawan Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
  • Islakhul Muttaqin Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
  • Petrus Budi Utomo Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus

Abstract

Bencana alam telah memberikan banyak dampak, baik dampak fisik, psikologis, maupun sosial. Dampak tersebut membuat pola kehidupan masyarakat menjadi berubah. Pada tahun 2014, terjadi bencana longsor di Dukuh Wetan Kali Desa Rahtawu Kabupaten Kudus yang mengakibatkan 15 rumah rusak parah dan 1 orang meninggal. Di dalam kawasan rawan bencana, pengembangan kemampuan masyarakat untuk mengorganisasi, belajar, dan beradaptasi dalam menghadapi bencana sangatlah penting, salah satunya adalah resiliensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resiliensi korban longsor di Rahtawu dalam menghadapi stres dan berbagai pengalaman traumatis. Dengan pendekatan kualitatif, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa subjek berhasil beresiliensi dengan bangkit dari pengalaman traumatis dan mempunyai pandangan hidup ke depan yang lebih baik. Subjek juga masih bertahan di kawasan bencana dan mempunyai kepercayaan bahwa tidak akan ada bencana lagi karena adanya faktor perubahan perilaku.

References

Dina. (2012). Resiliensi remaja Aceh yang mengalami bencana tsunami. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, J. L. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Reich, J. W. Zautra, A. J. & Hall, J. S. (2010). Handbook of adult resilience. New York: The Guilford Press.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The resilience factor. New York: Broadway Books.

Resnick, B., Gwyther, L. P., & Roberto, K. A. (2011). Resilience in aging concepts research and outcomes. New York: Springer Science+Business Media.

Widjanarko. (2018). Pengaruh pendidikan bencana pada perilaku kesiapsiagaan siswa.
Universitas Lambung Mangkurat : Kalimantan.
Published
2018-08-09
How to Cite
KURNIAWAN, Yudi; MUTTAQIN, Islakhul; UTOMO, Petrus Budi. Resiliensi Pada Korban Longsor Di Rahtawu Kabupaten Kudus. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Peranan Psikologi Bencana Dalam Mengurangi Risiko Bencana, [S.l.], p. 177-185, aug. 2018. Available at: <http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/semnaspsikologibencana/article/view/76>. Date accessed: 08 apr. 2020.