Sambutan Koordinator SAC

SAMBUTAN KOORDINATOR
STATISTIC ASSISTANCE CENTER (SAC)
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA


Bencana merupakan peristiwa yang tidak pernah diharapkan oleh manusia di belahan dunia manapun. Namun bencana terjadi tanpa terelakkan khususnya di Indonesia. Gempa dan tsunami di Aceh, gempa di Yogyakarta dan sekitarnya, letusan gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Kelud, dan Gunung Raung serta banjir merupakan contoh bencana alam yang terjadi di Indonesia. Jatuhnya pesawat atau kebakaran yang merupakan bencana bukan karena alam. Psikologi dapat berperankah dalam permasalahan bencana?. Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari psikis manusia tentu dapat berperan dalam penanganan bencana. Sebab bencana tentu memberikan stres, trauma tapi juga dapat memunculkan ketangguhan bagi penyintas. Dengan demikian ilmu psikologi dalam kebencanaan memiliki peran yang penting.

Kepedulian terhadap masyarakat yang terkena bencana ataupun rawan bencana serta pengembangan keilmuan Psikologi Bencana menjadi komitmen Statistic Assistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. SAC sendiri merupakan salah satu Unit Kegiatan Strategis (UKS) non profit yang terdapat di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. SAC memiliki dua kegiatan utama yang bergerak dalam bidang statistik dan kebencanaan. Dalam bidang statistik, kami melakukan pelatihan statistik untuk internal maupun eksternal, pengolahan data statistik, serta pembuatan buku statistik. Beberapa kegiatan yang telah kami lakukan dalam bidang penanganan kebencanaan bekerja sama dengan ILS+, BPBD, Pusat Rehabilitasi Yakkum (PRY) Yogyakarta, Yakkum Emergency Unit (YEU), dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat. Selain itu, kami juga membuat beberapa buku, penelitian, dan seminar yang terkait dengan kebencanaan dan dipublikasikan secara lokal, regional, nasional, dan internasional.

Berkaitan dengan kajian risk, hazards, vulnerability, dan fenomena bencana yang banyak terjadi di Indonesia. Kami melihat bahwa penting bagi masyarakat Indonesia untuk menyadari peran setiap masyarakat, baik yang berada di wilayah rawan bencana maupun tidak dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Sehingga sejak tahun 2012 SAC Fakultas Psikologi mengadakan beberapa sharing forum dan tahun 2016 mengadakan seminar nasional Penerapan Psikologi Bencana Pada Masyarakat Urban. Pada tahun 2018, SAC bekerja sama dengan Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali mengadakan kembali Seminar Nasional dan Call for Paper Psikologi Bencana dengan tema “Peran Psikologi Bencana dalam Pengurangan Risiko Bencana”.

Tujuan utama diadakannya seminar ini dapat menjadi wadah bagi rekan sejawat, akademisi, praktisi, dan pemerhati isu-isu bencana dari tinjauan ilmu psikologi untuk berbagi hasil penelitian, kajian literatur, pengalaman, ataupun pemikiran, berjejaring dalam penerapan psikologi bencana. Memberi edukasi mengenai penerapan psikologi bencana pada masyarakat, meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat, dan membantu untuk lebih bersiap diri dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi karena kerawanan bencana di Indonesia. Seminar Nasional Peran Ilmu Psikologi dalam Pengurangan Risiko Bencana juga diadakan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 36 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan Dies Natalis ke 50 Universitas Surabaya.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Rektorat dan segenap jajaran Program Studi Ilmu Psikologi Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali atas kerjasama dan terselenggaranya seminar nasional Peran Ilmu Psikologi dalam Pengurangan Risiko Bencana. Semoga seminar yang dilaksanakan dapat berlangsung lancar dan memberikan manfaat.

Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada seluruh peserta seminar, peserta call for paper, dan seluruh panitia yang telah berpartisipasi dalam seminar ini. Kami mengucapkan permohonan maaf atas segala bentuk kekurangan dalam pelaksanaan seminar ini. Selamat berkonferensi.

Listyo Yuwanto
Koordinator SAC
Fakultas Psikologi Universitas Surabaya