PKM Penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sebagai Solusi Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Souvenir Ramah Lingkungan Di Desa Taman Bali Bangli

Authors

  • I Gusti Putu Agung Widya Goca Universitar Ngurah Rai
  • I Made Artha Rimbawa Universitas Ngurah Rai

Keywords:

Sampah Plastik, Dywik Bank Sampah, Workshop Go Store

Abstract

Masalah sampah masih sangat sulit ditangani, sehingga tampak seperti masalah kompleks yang saling terhubung dan belum ditemukan solusinya. Sampah anorganik sangat sulit didegradasi bahkan tidak dapat didegradasi sama sekali oleh alam, oleh karena itu diperlukan suatu lahan penumpukan yang sangat luas untuk mengimbangi produksi sampah jenis ini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan oleh Dosen FEB dan Dosen Hukum Universitas Ngurah Rai di Dywik Bank Sampah dan lingkungan Siladan, Taman Bali Bangli yang melibatkan mahassiwa kelompok KAT 9 yang berjumlah 22 orang dan kegiatan ini diikuti oleh 15 orang PKK serta seluruh perangkat Desa Taman Bali, Bangli. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan sampah plastik yang dapat menjadi kreasi menarik, pentingnya kebersihan lingkungan, dan penerapan teknologi dalam memasarkan produk kreasi sampah plastik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode workshop dengan memetakan sampah plastik di lokasi desa dan memberikan workshop Go Store, serta diskusi di akhir kegiatan. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, dan menerapkan teknologi dalam melakukan pemasaran. Hasil dan simpulan penelitian dapat memberikan pengetahuan tentang penggunaan sampah plastic yang dapat menjadi kreasi menarik, pentingnya kebersihan lingkungan, dan penerapan teknologi dalam memasarkan produk kreasi sampah plastik.

References

Permana, E. Indonesia Hasilkan 67 Juta Ton Sampah pada 2019. Retrieved April 18, 2020, Available from: https://www.aa.com.tr/id/headline- hari/indonesia-hasilkan-67 juta- ton sampah- pada-2019/1373712.

Wanda, Upaya Indonesia Menanggulangi Limbah Sampah Plastik dari Belanda. JOM FISIP . 2019; 6 (1): 1–12.

Purwaningrum, P. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. JTL. 2016; 8 (2): 141– 147.

Sugiyani, Y., Perwitasari, E., Informasi, S., Informasi, T., Raya, S., Informatika, T., Informasi, T., & Raya, S. PEMBERDAYAAN EKONOMI. 2018; 2 (2): 50–54.

Kamsiati, E., Herawati, H., & Purwani, E. Y. Potensi Pengembangan Plastik Biodegradable Berbasis Pati Sagu dan Ubikayu di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian. 2017; 36 (2): 67– 76.

Rosyada, M., & Tamamudin, T. Pengembangan Ekonomi Kreatif Batik Tulis Kota Pekalongan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. 2020; 1 (2): 41-50.

UNBI MENGABDI Volume 3, No. 1 Januari 2022

Rachmawati, N., Susilawati, S., dan Prihatiningtyas, E. Pengolahan

Sampah Organik Menjadi Kompos Untuk Mendukung Kampung Pro Iklim. Jurnal Pengabdian Al Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary. 2020; 4 (2): 15-34.

Astriani, L., Mulyanto, T. Y., Bahfen, M., & Dityaningsih, D.. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Produk Kreatif dari Pengolahan Sampah Plastik. Seminar Nasional Pengabdian Masyrakat LPPM UMJ. 2020; 8 (2): 18–33.

Bersama, T., Kreasi, R., Dan, C., & Hidup, L. Jurnal Berdaya Mandiri. 2019; 1 (1): 1–8.

Subroto, E., Tensiska, dan Indiarto. R. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam upaya

Mendukung Ketahanan Pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya. 2014; 13 (1): 1- 4

Downloads

Published

2023-03-06