Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Pengelolaan Perpustakaan Di SDN 5 Saba

Authors

  • Kadek Ary Purnama Dewi Program Studi Hukum, Universitas Ngurah Rai
  • I Wayan Arya Sugiarta Program Studi Administrasi Publik, Universitas Ngurah Rai

Keywords:

perpustakaan, Pengelolaan, Minat Baca Siswa

Abstract

Pengelolaan sumber daya alam di indinesia perlu adanya pengimbangan dari peningkatan mutu manusianya agar dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan maksimal. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak suka membaca menjadi factor utama minimnya informasi yang didapat untuk pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam. Peningkatan minat dan budaya baca di Indonesia harus ditingkatkan melalui Pendidikan dasar, dimana sekolah dasar merupakan pondasi dasar dalam membangun kualitas manusia yang baik dan memiliki pengetahuan. Dalam upaya meningkatkan minat baca siswa khususnya di sekolah dasar perlu adanya sarana dan prasarana penunjang seperti perpustakaan yang memiliki fasilitas lengkap dan dapat meningkatkan minat dan daya tarik siswa untuk membaca di perpustakaan di sekolah dasar di Indonesia masih banyak yang memiliki kekurangan dalam pengelolaan perpustakaan mulai dari ruangan yang tidak layak, koleksi buku-buku yang kurang menarik sehingga tidak dapat menumbukan minat baca dari siswa-siswi yang ada di sekolah. SD N 5 Saba merupakan salah satu sekolah yang memiliki perpustakaan namun belum dapat dioperasikan secara maksimal dikarenakan fasilitas yang ada belum memadai sehingga tidak dapat menarik minat siswa untuk membaca. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diadakanya sosialiasai dan memberikan sumbangan buku melalui program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.guna meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan yang dapat menarik minat siswa untuk datang ke perpustakaan.

References

Departemen Pendidikan Nasional RI. (2005).

Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Wahyudiati. “Optimalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Menumbuhkan Minat Baca”. Artikel ini diakses tanggal 28 November 2013

Qalyuby, Shihabuddin (ed.), (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta Jur. IPII, Fak. Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan

Downloads

Published

2023-03-06